Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Proyek Agrisolar Kian Populer dan Efektif di Serbia

Foto : Istimewa

Ilustrasi

A   A   A   Pengaturan Font

Agrisolar, solusi yang semakin populer dan efektif untuk memanfaatkan energi surya, akhirnya tiba di Serbia. Pertanian organik Organela di desa Gornja Bukovica telah menjadi rumah bagi pembangkit listrik tenaga surya pertama di negara ini.

Dikelilingi oleh alam yang masih alami di dekat kota Valjevo di sebelah barat, Organela memproduksi dan memproses buah dan sayuran organik, dan mulai minggu depan juga akan menghasilkan listrik ramah lingkungan di lahan yang sama dengan tempat mereka menanam produk organik.

Mengikuti jejak pembangkit listrik tenaga surya pertama yang dikelola koperasi di bawah proyek Solarna Stara, yang dibangun melalui urun dana di desa Dojkinci dan Temska di Gunung Stara Planina, proyek Solar Harvest merupakan usaha berikutnya dari koperasi energi Elektropionir dan pembangkit listrik tenaga surya pertama di Serbia.

Pembangkit listrik tenaga surya dengan 48 panel fotovoltaik, dengan kapasitas gabungan 17,5 kilowatt, dipasang dalam kemitraan dengan Conseko Solarni Sistemi. Pekerjaan akan selesai minggu ini. Prosedur untuk mendapatkan izin dan menghubungkan pembangkit listrik ke jaringan listrik telah dimulai dan akan memakan waktu beberapa bulan, menurut Elektropionir.

Menempatkan panel surya di atas lahan pertanian memberikan manfaat ganda. Pembangkit listrik tenaga surya paling sering dikritik karena memakan lahan pertanian, tetapi produksi energi dan tanaman secara bersamaan ini memecahkan masalah.
Halaman Selanjutnya....


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Rivaldi Dani Rahmadi

Komentar

Komentar
()

Top