Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Stabilitas Kawasan

Presiden Tiongkok Menyerukan Perdamaian Regional Asia-Pasifik

Foto : ISTIMEWA

Xi Jinping, Presiden Tiongkok

A   A   A   Pengaturan Font

BEIJING - Presiden Tiongkok, Xi Jinping, menegaskan kembali bahwa negaranya akan tetap berpegang pada jalur pembangunan damai saat ia menyelesaikan kunjungan pertamanya ke Amerika Serikat dalam enam tahun, setelah meredakan ketegangan antara dua perekonomian terbesar dunia.

"Tujuan mendasar dari pembangunan Tiongkok adalah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Tiongkok, bukan untuk menggantikan siapa pun," kata kantor berita pemerintah Xinhua mengutip perkataannya dalam pidato yang disampaikan pada penutupan KTT Kerja Sama Ekonomi Pasifik atau Asia-Pacific Economic Cooperation di San Francisco, Jumat (17/11).

Dikutip dari The Straits Times, pernyataan tersebut menggemakan pesannya dalam beberapa hari terakhir. Sebelumnya, Xi mengatakan Tiongkok menginginkan persahabatan dengan Amerika Serikat dan negaranya tidak akan berperang dengan siapa pun, salah satu pernyataannya yang paling jelas, namun menyatakan keinginan untuk hubungan damai antara dua ekonomi terbesar di dunia.

Dalam pidatonya di hadapan para eksekutif bisnis tak lama setelah bertemu dengan Presiden AS, Joe Biden, minggu ini, Xi mengatakan Tiongkok tidak pernah bertaruh melawan Amerika Serikat dan tidak memiliki niat untuk menantang atau menggulingkan Amerika Serikat.

Pemimpin Tiongkok tersebut menekankan negara-negara harus "membangun komunitas Asia-Pasifik yang terbuka, dinamis, kuat dan damai", dan menyerukan lingkungan yang terbuka dan adil untuk pengembangan teknologi.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top