Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Polisi Dalami Peretasan Soal UNBK di Surabaya

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

SURABAYA - Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Surabaya mendalami kasus peretasan soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMPN 54 Surabaya, yang bocor ke sebuah lembaga bimbingan belajar di kawasan Jolotundo, Surabaya, Jawa Timur. Dua orang pelaku telah ditetapkan sebagai tersangka, IM, 38 tahun, teknisi lepas, dan TH, 45 tahun, staf tata usaha sekolah itu.

"Prosedural saja, kita dalami sumbernya dari mana. Orang yang diidentifikasi menerima soal-soal UNBK dari pesan WhatsApp tersangka, dan mengerjakan soal itu, dipanggil. Apakah siswa-siswa di lembaga bimbingan belajar itu adalah siswa yang sama dari SMP tempat soal UNBK dicuri, termasuk kemungkinan keterlibatan sekolah lain," kata Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Rudi Setiawan, Rabu (2/5).

Dia menambahkan, setelah tersangka IM memperoleh IP Adress lima komputer dari tersangka TH, IM melakukan peretasan pada 20 April 2018, dan mengirim hasilnya lewat foto di aplikasi pesan.

"Tersangka IM mengakses dan memotret soal-soal dari komputer di Lab IPA. Satreskim telah meminta keterangan dari tujuh orang saksi, dan Senin kemarin kita layangkan panggilan pada Kepala SMPN 54 Surabaya, tapi tidak hadir, surat panggilan kedua sudah kita layangkan," pungkasnya. SB/E-3

Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top