Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Polemik Speaker Masjid, Ketua PP Muhammadiyah Minta Speaker Hanya untuk Ini Saja

Foto : Istimewa

Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Anwar Abbas.

A   A   A   Pengaturan Font

YOGYAKARTA - Penggunaan pengeras suara masjid di Indonesia menjadi polemik setelah kantor berita internasionalAFP yang berpusat di Paris mengunggah berita berjudul Ketakwaan Atau Gangguan Kebisingan? Indonesia Mengatasi Reaksi Volume Azan, Kamis (14/10).

Dalam berita itu, AFP mengkritik penggunaan pengeras suara yang berlebihan tanpa memperhatikan kondisi penduduk sekitar. Sementara itu, AFP juga menyoroti ketakutan masyarakat yang terganggu, namun tidak berani menegur pihak masjid karena takut dipersekusi.

Menanggapi berita tersebut, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Anwar Abbas berharap agar kritik ini ditanggapi dengan konstruktif. Menurutnya, masjid tidak boleh asal-asalan dalam memakai pengeras suara dan memilih muazin.

"Ini maksudnya tentu jelas agar jemaah merasa enak dan tenang mendengar azan, ceramah, dan khotbah," kata Anwar Abas, dikutip dari rilis PP Muhammadiyah, Jumat (22/10).

"Supaya telinga dan hati yang mendengar merasa enak. Ini jelas sangat penting untuk diperhatikan," imbuh Anwar yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Eko S

Komentar

Komentar
()

Top