Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Petugas PPKM Harus Bisa Menarik Simpati

Foto : Antara
A   A   A   Pengaturan Font

Pimpinan pertugas PPKM harus memberi bekal pengetahuan dengan baik ke anak buahnya sehingga tujuan PPKM Darurat untuk menekan penyebaran Covid-19 bisa tercapai.

Penyebaran kasus Corona di Indonesia yang semakin cepat membuat pemerintah menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Pulau Jawa dan Bali dari 3-20 Juli. PPKM kemudian diperluas di 15 kota di Indonesia.

Dalam PPKM, hanya mereka yang bekerja di sektor esensial dan kritikal yang boleh bekerja dari kantor, work from office (WFO), itupun tidak dengan kapasitas 100 persen.

Yang tergolong esensial adalah mereka yang bekerja di perbankan, pasar modal, teknologi informasi, komunikasi, perhotelan, dan industri berorientasi ekspor. Sedangkan yang dimaksud sektor kritikal di antaranya mereka yang bekerja di bidang kesehatan, keamanan, dan ketertiban, makanan, logistik, utilitas dasar, serta mereka yang bekerja di bidang kosntruksi infrastruktur publik.

Aturan yang dibuat dalam PPKM sebenarnya sudah jelas, namun di lapangan tidak semudah itu menerapkannya. Masalah-masalah kecil hingga yang serius beberapa kali terjadi karena kita semua kurang bisa bersabar, kurang bisa menghargai orang lain, dan terlalu mengedepankan ego masing-masing.

Seperti yang terjadi di pos penyekatan di Jakarta Barat beberapa hari lalu di mana seorang anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) terlibat bentrok dengan belasan petugas baik TNI maupun Polri. Seandainya si anggota paspampres yang saat itu harus buru-buru karena ada apel di kesatuannya, bilang dengan baik-baik bahwa dia anggota paspampres saya yakin kejadiannya akan lain. Karena paspampres termasuk sektor kritikal.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Aloysius Widiyatmaka
Penulis : M. Selamet Susanto

Komentar

Komentar
()

Top