Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Sektor Pertanian

Petani Hortikultura Merana Empat Bulan Terakhir

Foto : ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/hp
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Pemerintah diminta serius memperhatikan petani hortikultura sebab nilai tukar petani (NTP) subsektor hortikultura dalam empat bulan terakhir berturut-turut turun.

Padahal, NTP subsektor hortikultura sempat naik tinggi pada Juli lalu. Pada November lalu, penurunannya sebesar 2,57 persen, sementara subsektor lainnya naik.

Baca Juga :
Target Serapan Beras

Ketua Departemen Kajian Strategis Nasional Dewan Pengurus Pusat (DPP) Serikat Petani Indonesia (SPI), Mujahid Widian, menjelaskan penurunan ini kembali disumbangkan oleh kelompok sayur-sayuran, khususnya cabai merah.

Laporan dari anggota SPI di beberapa wilayah, harga cabai merah memang mengalami penurunan yang cukup besar. Di Kepahiang, Bengkulu, misalnya, harga cabai merah paling tinggi di harga 25.000 rupiah per kilogram (kg).

Menurut Mujahid, hal ini disebabkan beberapa hal, mulai dari permintaan yang berkurang, sementara panen yang berlimpah. Begitu juga di Kediri, Jawa Timur, dari data yang diperoleh harga cabai merah keriting bahkan berada di bawah 20.000 rupiah per kg.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Muchamad Ismail
Penulis : Fredrikus Wolgabrink Sabini

Komentar

Komentar
()

Top