Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Penjelajahan di Mars

Perseverance Temukan Petunjuk Kehidupan Purba

Foto : NASA

Wahana Perseverance I Gambar dokumentasi dari NASA memperlihatkan wahana penjelajah Mars, Perseverance, sedang menggali batuan untuk diambil sampelnya. Pada Kamis (15/9) lalu, NASA melaporkan bahwa Perseverance berhasil mendeteksi konsentrasi tertinggi molekul organik dalam sampel batuan terbaru yang bisa jadi pertanda adanya potensi mikroba purba di Planet Merah itu.

A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON DC - Wahana penjelajah Mars NASA, Perseverance, pada Kamis (15/9) berhasil mendeteksi konsentrasi tertinggi molekul organik dalam sampel batuan terbaru yang bisa jadi pertanda adanya potensi mikroba purba di Planet Merah itu.

Temuan ini ingin dikonfirmasi lebih lanjut oleh para ilmuwan ketika sampel batuan itu dibawa ke Bumi.

Sebelumnya bahan organik telah ditemukan di Mars, namun penemuan terbaru ini terlihat sangat menjanjikan karena berasal dari daerah di mana sedimen dan garam diendapkandalam danau, sebuah kondisi di mana kehidupan bisa muncul.

"Sangat layak untuk mengatakan bahwa ini akan jadisampel batuan paling berharga yang pernah dikumpulkan," ucap David Shuster, seorang ilmuwan yang meneliti sampel dariPerseverance, kepada wartawan dalam sebuah taklimat.

Hanya saja molekul organik, senyawa yang terutama terbuat dari karbon dan biasanya mengandung hidrogen dan oksigen, namun kadang kala juga terdapat unsur lainnya, tidak selalu diciptakan oleh proses biologis.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : AFP

Komentar

Komentar
()

Top