Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video

Pemkab Banyumas Gelar Tes Cepat Antigen Massal

Foto : ANTARA/Sumarwoto

Salah seorang warga saat mengikuti tes cepat antigen di Pendopo Kelurahan Sumampir, Kecamatan Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin (18/1/2021).

A   A   A   Pengaturan Font

Purwokerto - Pemerintah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah menggelar tes cepat antigen massal di 80 desa/kelurahan dengan sasaran warga berusia lebih dari 55 tahun yang memiliki penyakit bawaan (komorbid).

"Kegiatan ini untuk sosialisasi bahwa umur di atas 55 tahun dengan penyakit bawaan harus berhati-hati. Seperti tadi, satu per satu saya datangi, saya katakan kalau bertemu orang, anggaplah orang lain punya virus (COVID-19), sehingga kita harus hati-hati," kata Bupati Banyumas Achmad Husein saat memantau pelaksanaan tes cepat antigen di Pendopo Kelurahan Sumampir, Kecamatan Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Senin.

Menurut dia, warga yang berusia lebih dari 55 tahun dan memiliki penyakit bawaan itu dites cepat antigen untuk mengantisipasi kemungkinan adanya yang positif COVID-19.

Ia mengatakan jika berdasarkan hasil tes cepat antigen tersebut ada warga yang positif, segera ditindaklanjuti dengan tes usap (swab).

"Itu karena yang kebanyakan meninggal (akibat COVID-19) adalah yang di atas 55 tahun dan punya komorbid, sehingga itu yang kita sasar. Ada 5.000 orang (warga berusia lebih dari 55 tahun dengan komorbid)," katanya.

Kendati demikian, katanya, kegiatan tes cepat antigen massal yang digelar serentak pada hari Senin (18/1) di 80 desa/kelurahan se-Kabupaten Banyumas itu menyasar 4.000 orang.

"Ini untuk melindungi mereka, karena usia-usia tersebut sangat rentan. Berdasarkan data, kebanyakan yang meninggal dunia adalah mereka yang sudah sepuh dan komorbid," kata Bupati. Ant/N-3




Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top