Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Aset Negara

Pemerintah Maksimalkan Pengelolaan BMN

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan aset negara harus bekerja keras dan memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat dan perekonomian nasional. Karena itu, Kementerian Keuangan terus berupaya mewujudkan pengelolaan barang milik negara (BMN) yang andal, efektif, efisien, dan akuntabel.

"Aset itu tidak tidur, tetapi aset harus bekerja keras. Kami terus memperbaiki agar pengelolaan aset negara ini betul-betul diterjemahkan dalam prinsip efisiensi, efektivitas, dan akuntabilitas," ujar Sri Mulyani dalam acara Anugerah Reksa Bandha di Jakarta, Rabu (22/11).

Dalam pengelolaan BMN, Kemenkeu melaksanakan beberapa langkah strategis, seperti melakukan perhitungan kesesuaian penggunaan BMN dengan standar barang dan standar kebutuhan untuk optimalisasi BMN, serta melaksanakan uji coba atau piloting pengukuran kinerja aset.

Menkeu melanjutkan implementasi asuransi BMN tertentu pada kementerian/ lembaga (K/L) turut dilakukan karena Indonesia merupakan negara yang berada dalam cincin api atau ring of fire, yang menyebabkan Indonesia sering terkena bencana alam yang bisa merusak aset negara. Dari sisi tata laksana dan tata kelola, Kemenkeu juga menertibkan aset negara dengan sertifikasi BMN, terutama untuk aset negara berupa tanah, yang ditargetkan dapat selesai pada 2024.

"Dengan ini, kita akan memahami bahwa masyarakat mengetahui mana-mana aset milik negara yang ada dalam buku keuangan pemerintah," kata Sri Mulyani.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Muchamad Ismail
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top