Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Negara Tujuan Ekspor

Pemerintah Diminta Serius Mencari Pasar Alternatif Produk Ekspor

Foto : ISTIMEWA

Pemerintah bisa mendorong kegiatan ekspor dilakukan ke negara-negara tujuan baru seperti India, negara-negara Asean, Afrika, dan Amerika Latin untuk meningkatkan pertumbuhan ekspor Indonesia.

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Kekhawatiran akan turunnya penerimaan devisa dari ekspor seharusnya menjadi momentum untuk menciptakan pasar alternatif baru agar mengurangi kebergantungan pada negara-negara tujuan tradisional, seperti Tiongkok, Amerika Serikat (AS), Singapura, dan Eropa.

Pemerintah jangan kembali mengulang wacana menciptakan pasar alternatif baru, ketika negara-negara tujuan utama seperti Tiongkok ekonominya lesu. Setelah khawatir ekspor bisa terdampak, biasanya pemerintah buru-buru mengeluarkan statemen tersebut.

Dalam praktiknya, apa yang digagas tersebut tidak pernah jalan, yang pada akhirnya tetap menunggu mitra dagang utama pulih, kemudian ekspor kembali naik.

Pengamat ekonomi dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Esther Sri Astuti, yang diminta pendapatnya dari Jakarta, Selasa (28/11), mengatakan ekspansi produk ekspor Indonesia ke destinasi baru harus dilakukan selain karena permintaan lesu dari negara tujuan utama, juga banyaknya barrier (hambatan perdagangan) dari negara-negara tujuan ekspor sebelumnya, baik itu tarif maupun nontarif.

Dia pun menyarankan agar pemerintah lebih akseleratif lagi menyasar pasar baru dengan memanfaatkan forum-forum multilateral dan pendekatan bilateral.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Vitto Budi
Penulis : Fredrikus Wolgabrink Sabini

Komentar

Komentar
()

Top