Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Sektor Pertanian - Pada 2020 Sudah Terbentuk 18 Ribu Kostraling

Pemerintah Amankan Stok Pangan

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Kementan akan mengoptimalkan peran Kostraling untuk menjaga stok beras nasional, harga, dan kualitas beras.

JAKARTA - Kementerian Pertanian menyiapkan langkah strategis untuk mengamankan produksi atau stok beras nasional dan harga pada saat musim panen raya padi pada Maret mendatang. Luas panen padi pada Maret mendatang atau puncak panen diperkirakan dua juta hektare.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, mengatakan menurut pola musim di Indonesia, pada saat musim basah, produksi padi lebih besar dibandingkan musim kering. "Karena itu, diperlukan pengelolaan ketersediaan baik sehingga tidak ada gejolak permintaan dan gejolak harga di masyarakat," ujar Mentan dalam rapat Kostraling (Komando Strategi Penggilingan Padi ) di Jakarta, Jumat (26/2).

Kostraling adalah pihak yang menjaga ketersediaan pangan, khususnya beras sehingga maka pengelolaan yang profesional menjadi kunci keberhasilannya. Kostraling berperan menyerap gabah dan menjaga harga di tingktp petani. Kostraling menjadi andalan stok beras nasional.

"Kostraling adalah pioner dari penggilingan-penggilingan padi kecil dan Perpadi (Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras) punya peran di dalamnya, kita bersinergi," tambah Mentan.

Baca Juga :
Optimalkan Produksi

Mentan menerangkan di tengah pandemi Covid-19 ini, upaya memperkuat ketahanan pangan terus ditingkatkan. Salah satu kuncinya adalah memperkuat sinergitas yang lebih holistik sebagai upaya menghasilkan suatu terobosan dan dapat memotret segala tantangan.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Muchamad Ismail
Penulis : Fredrikus Wolgabrink Sabini

Komentar

Komentar
()

Top