Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Prioritas Pembangunan I Agromaritim Terbukti Selalu Tumbuh Positif Dalam Berbagai Krisis

Pemerintah Abai, Agromaritim Hanya Disanjung Sebagai Penyelamat Saat Krisis

Foto : Sumber: BPS - KORAN JAKARTA/ONES
A   A   A   Pengaturan Font

» Pemerintah dinilai kurang fokus, semuanya dikerjakan, padahal agromaritim bisa menjadi kekuatan ekonomi di masa depan.

JAKARTA - Pemerintah diingatkan agar jangan hanya menyanjung agromaritim nusantara saat dalam kondisi krisis. Sebaliknya Pemerintah diminta agar tegas menjadikan agromaritim sebagai lokomotif pembangunan yang ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) yang sedang dirumuskan DPR RI.

Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Arif Satria dalam Reuni Akbar Alumni IPB di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Jawa Barat, akhir pekan lalu mengatakan saat ini sedang dirumuskan rencana pembangunan jangka panjang sampai 2045 yang di dalamnya harus ditegaskan.

"Pada saat krisis, agromaritim dielu-elukan menjadi sektor yang menyelamatkan Indonesia. Jangan pada saat krisis dielu-elukan, disanjung-sanjung, setelah itu diabaikan," ungkap Arif.

Agromaritim papar Arif, menjadi satu-satunya sektor yang tumbuh positif dalam berbagai krisis, mulai dari krisis moneter tahun 1997-1998, krisis ekonomi global tahun 2008, dan saat pandemi Covid-19 pada 2020 lalu.

Pemerintah katanya harus fokus dalam pembangunan sektor agromaritim untuk menjadikan kekuatan Indonesia di masa depan. "Selama ini dikerjakan semuanya, tanpa fokus kita akan ketinggalan. Fokus pada agromaritim, ini akan menjadi kekuatan kita di masa depan," kata Arif seperti dikutip dari Antara.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Vitto Budi
Penulis : Fredrikus Wolgabrink Sabini, Eko S

Komentar

Komentar
()

Top