Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

PBB Setujui Misi Keamanan Multinasional di Haiti

Foto : Bloomberg

DK PBB pada Senin (2/10) menyetujui misi yang dipimpin Kenya yang bertujuan membawa stabilitas ke Haiti.

A   A   A   Pengaturan Font

PBB - Dewan Keamanan PBB pada Senin (2/10) menyetujui misi yang dipimpin Kenya yang bertujuan membawa stabilitas ke Haiti. Persetujuan itu dikeluarkan setelah setahun para pemimpin di negara yang dilanda kekerasan itu pertama kali memohon bantuan.

Negara termiskin di Belahan Barat ini sedang terpuruk, geng-geng bersenjata mengambil alih wilayah negara tersebut dan melancarkan kekerasan brutal, sistem perekonomian dan kesehatan masyarakat yang juga terpuruk.

Perdana Menteri Haiti Ariel Henry dan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres sejak akhir 2022 menyerukan dukungan internasional untuk mendukung angkatan kepolisian yang baru, namun sebagian besar komunitas global sudah letih karena kegagalan intervensi sebelumnya di Haiti.

Resolusi hari Senin itu disahkan dengan 13 suara mendukung, sementara Tiongkok dan Rusia abstain. Hal ini dipuji oleh Menteri Luar Negeri Haiti Jean Victor Geneus karena membawa "secercah harapan bagi orang-orang yang sudah terlalu lama menderita akibat situasi politik, sosial-ekonomi, keamanan dan kemanusiaan yang sulit."

Sebuah terobosan terjadi pada bulan Juli, ketika Kenya secara sukarela memimpin pasukan tersebut dan mengirimkan 1.000 personel.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : AFP

Komentar

Komentar
()

Top