Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video

Pasien Covid-19 Melonjak, 176 Personel Nakes TNI Didatangkan ke Jakarta

Foto : Istimewa

Sebanyak 176 personel Nakes dari siswa Perwira Prajurit Karir Angkatan 28 Reguler dan siswa Kursus Tenaga Kesehatan Angkatan 28B TA 2021 Akmil Magelang didatangkan ke Jakarta.

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Perkuat RS Darurat Wisma Atlet, TNI kirimkan sebanyak 176 personel tenaga kesehatan. Dan pada hari Senin (28/6), 176 personel Tenaga Kesehatan (Nakes) dari siswa Perwira Prajurit Karir (Pa PK) Angkatan 28 Reguler dan siswa Kursus Tenaga Kesehatan (Susgakes) Angkatan 28B TA 2021 Akademi Militer (Akmil) Magelang ini tiba di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta.

Kedatangan mereka disambut langsung Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) TNI Mayjen TNI Dr. dr. Tugas Ratmono, Sp.S, MARS., M.H. Dalam sambutannya Kapuskes TNI mengatakan, karena terjadi lonjakan pasien Covid-19, maka perlu penguatan nakes terutama di RS Darurat Wisma Atlet.

"Negara memanggil kalian semua. Siapapun yang ditugaskan dalam penugasan adalah suatu kebanggaan dan kehormatan. Oleh karena itu, mari kita sama-sama menghormati, menjaga kehormatan ini dengan terus berupaya memberikan yang terbaik dalam penugasan," kata Mayjen Ratmono dalam keterangan tertulisnya yang diterima Koran Jakarta, Selasa (29/6).

Mayjen Ratmono juga mengungkapkan bahwa para Nakes TNI ini selanjutnya akan menuju Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran. Mereka akan diberikan beberapa pembekalan dan pembimbingan.

"Kalian siapkan tenaga, pikiran serta selalu jaga kesehatan dan yang paling penting mulai saat ini protokol kesehatan wajib dilaksanakan oleh semua personel dimanapun berada dalam bertugas," pesannya.

Tidak lupa, ia mengingatkan seluruh Nakes TNI agar selalu menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Karena kunci untuk menjaga diri masing-masing dan juga menjaga yang lainnya adalah disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Para personel Nakes, kata Mayjen Ratmono nantinya akan melaksanakan tugas sesuai dengan profesi masing-masing. Dan tentunya nanti ada pembekalan lebih lanjut, bagaimana memberikan pelayanan pada pasien Covid-19.

"Perlu digaris bawahi tenaga kesehatan melaksanakan pelayanan pada pasien Covid-19, bukan pasien yang tidak terpapar Covid-19, artinya pasien yang bisa menularkan dan kita harus bisa menyembuhkan mereka," katanya.

Menurut Puspen TNI dalam keterangannya, kedatangan Perwira Siswa ini sebagai tambahan Nakes untuk ditugaskan di wilayah Jakarta yang masih membutuhkan tenaga kesehatan. Khususnya di Wisma Atlet dan tempat isolasi Khusus Orang Tanpa Gejala (OTG) Rumah Susun Nagrak serta Rumah Susun Pasar Rumput. Para nakes TNI ini akan ditempatkan ke tiga tempat tersebut.

"Tenaga Kesehatan ini terdiri dari Dokter Umum 120 orang, Dokter Gigi 20 orang, Keperawatan 8 orang, Farmasi Apoteker 12 orang, Fisoterapi 4 orang, Radiologi 2 orang, Kesehatan Lingkungan 1 orang, Gizi 4 orang, Elektro Medis 1 orang, Perawat Gigi 1 orang, Analisa Medis 2 orang dan Rekam Medis 1 orang," kata Puspen TNI dalam keterangannya.


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Agus Supriyatna

Komentar

Komentar
()

Top