Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Pendidikan Nasional - Kemendikbud Siap Berkolaborasi dengan Sekolah Swasta

Mutu Sekolah Swasta Seharusnya di Atas Negeri

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Pemerintah perlu meniru metode Amerika Serikat (AS) dalam mengelola sekolah swasta. Negeri adi kuasa itu, menggunakan konsep charter school atau sekolah swasta yang didanai pemerintah.

JAKARTA - Kualitas atau mutu sekolah swasta semestinya di atas sekolah negeri. Namun, kenyataannya di Indonesia malah sebaliknya, mutu sekolah negeri lebih baik dari swasta. Hanya beberapa sekolah swasta yang mutunya di atas sekolah negeri.

Menurut pemerhati pendidikan dari Center for Regulations and Development Analysis (Cerdas), Indra Charismiadji, hal tersebut terjadi karena siswa yang tidak diterima di sekolah negeri masuk ke sekolah swasta.

Kondisi seperti itu hanya terjadi di Indonesia. Berbeda dengan negara-negara lainnya, sekolah negeri memang diperuntukkan bagi semua siswa dan gratis. Sedangkan sekolah swasta diperuntukkan bagi siswa dari keluarga yang mampu.

"Jadi, orang seperti Mas Menteri (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim) akan heran sekolah negeri lebih bagus dari swasta, karena beliau lulusan luar negeri," kata Indra dalam diskusi pendidikan di, Jakarta Selasa (10/12).
Halaman Selanjutnya....

Penulis : Muhamad Ma'rup

Komentar

Komentar
()

Top