Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Mobil Vaksinasi untuk Wilayah 3T

Foto : istimewa

Pantau Operasi -- Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kemendikbudristek, Paristiyanti Nurwardani, usai memantau pengoperasian mobil vaksinasi, di Jakarta, Rabu (7/7).

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Sebanyak 10 mobil vaksinasi Covid-19 dari program KedaiReka Kemendikbudristek disiapkan untuk wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T). Armada tersebut diharapkan dapat mengakselerasi program vaksinasi nasional. Demikian disampaikan Sekretaris Dirjen Pendidikan Tinggi, Kemendikbudristek, Paristiyanti Nurwardani, usai memantau pengoperasian mobil vaksinasi, di Jakarta, Rabu (7/7).

"Setelah menganalisis, daerah 3T belum ada program vaksinasi. Mungkin kesulitan untuk melakukan kegiatan-kegiatan vaksinasi, maka kita bantu kendaraan ," ujarnya. Dia menyebut, saat ini ada tiga mobil yang sudah siap digunakan. Statusnya masih diperbantukan untuk vaksinasi Covid-19 di DKI Jakarta. Adapun tujuh mobil lain masih tahap modifikasi agar dapat menjangkau desa-desa terpencil di wilayah 3T.

"Untuk 3T di desa-desa kami memodifikasi 7 mobil lain untuk keliling. Rencananya pada bulan Agustus sudah kita kirimkan ke Maluku Utara, NTT, dan Papua," katanya.

Lebih jauh, Paris menerangkan, 10 mobil vaksinasi tersebut bisa bermanfaat untuk mendukung pembelajaran jarak jauh (PJJ) di wilayah 3T. Saat ini, memang fasilitas di dalam mobil masih berisi kelengkapan vaksinasi seperti tempat sterilisasi, pendingin, generator, tempat tidur, satelit, dan mikroskop.

Adapun untuk mendukung PJJ, mobil tersebut nantinya dilengkapi dengan tenda kecil, internet berkecepatan 50 megabytes per detik, 200 tablet berisi modul, serta supercomputer. Di tiap mobil khusus PJJ akan menyertakan dosen pembimbing dan operator.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Aloysius Widiyatmaka
Penulis : Muhamad Ma'rup

Komentar

Komentar
()

Top