Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Hubungan Bilateral

Menlu AS Meminta Beijing Waspada soal Penjualan Teknologi Tiongkok ke Russia

Foto : PEDRO PARDO / AFP

Menteri Luar Negeri AS, Anthony Blinken

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Anthony Blinken, meminta Beijing waspada terhadap kemungkinan adanya perusahaan-perusahaan Tiongkok yang menyediakan peralatan teknologi kepada Russia yang berpotensi digunakan untuk perang di Ukraina.

Dalam konferensi pers setelah pertemuannya dengan Presiden Tiongkok, Xi Jinping, di Beijing, Senin (19/6), Blinken mengatakan bahwa AS dan para sekutu telah mendapat jaminan dari Beijing bahwa mereka tidak pernah dan tidak akan memberikan bantuan senjata mematikan ke Russia untuk digunakan di Ukraina.

"Namun, yang terus kami khawatirkan adalah perusahaan-perusahaan swasta di Tiongkok yang mungkin menyediakan teknologi yang dapat digunakan Russia untuk meningkatkan agresinya di Ukraina," katanya seperti dikutip dari transkrip resmi yang dirilis Departemen Luar Negeri AS.

Blinken bertemu dengan para pejabat dan Presiden Tiongkok, Xi Jinping, selama kunjungan dua hari ke Beijing. AS dan Tiongkok, katanya, sepakat menstabilkan hubungan agar tidak berujung menuju konflik.

Namun, pertemuan tersebut gagal menghasilkan terobosan besar untuk menurunkan ketegangan antara Washington dan Beijing.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Vitto Budi
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top