Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Menikmati Malam dengan Cara Berkemah

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Di Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan untuk mengagumi keindahan alamnya dengan lebih seru. Beberapa yang bisa dilakukan adalah terbang tandem, bersepeda, dan berkemah.
Fasilitas berkemah bagi wisatawan banyak disediakan. Camping ground bernama Kebun Kopi Sembalun misalnya cukup menarik karena berada pada ketinggian 1.277 Mdpl. Seperti namanya, tempat ini dipenuhi dengan tanaman kopi Arabika yang khas Sembalun.
Fasilitas yang disediakan di Kebun Kopi Sembalun berupa gazebo dan kamar mandi. Adapun perlengkapan tenda dan lain-lainnya belum tersedia sehingga bagi para pengunjung yang ingin bermalam disini dipersilahkan membawa alat-alat sendiri.
Jika ingin menikmati sensasi berkemah dengan lebih lengkap dan telah dikelola secara profesional, Anda bisa ke memilih Hajj Maulia Resto and Camping Ground. Fasilitas yang disediakan tempat ini juga cukup lengkap, ada gazebo, musala, kantin, dan aula.
Adapun yang berkeinginan untuk melakukan kemah, cukup mengambil paket yang telah disediakan pengelola ada paket empat orang yang seharga 300 ribu dengan fasilitas tenda, sleeping bag, matras, kasur, sarapan, dan kopi. Ada juga paket untuk dua orang seharga 200 ribu dengan fasilitas yang sama.
Tempat berkemah selanjutnya adalah Sahabat Rinjani yang berada di Desa Sajang. Lokasi ini sebenarnya adalah basecamp tempat para pendaki Gunung Rinjani singgah sebelum melakukan trekking pada pagi hari. Namun pengelola menyediakan penginapan dan area kemah bagi yang ingin menikmati suasana berkemah tanpa harus trekking jauh ke ketinggian Rinjani.
Area perkemahan ini mendekati hutan Rinjani, berdampingan dengan penginapan Savana Rinjani yang juga menyediakan area berkemah. Keunggulan Sahabat Rinjani adalah panoramanya yang langsung menghadap ke puncak Gunung Rinjani.
Fasilitas yang disediakan Sahabat Rinjani cukup lengkap, seperti tenda dengan perangkat alat-alat yang menyertai seperti kamar mandi, musala, kantin. Bagi para wisatawan yang ingin menginap di tempat ini bisa memilih paket yang ada, mulai 150 ribu rupiah untuk 2 orang dengan fasilitas 1 tenda (isi 2 atau 4), dan masing-masing orang mendapatkan matras, sleeping bag, sarapan, dan kopi.
Di Desa Sembalun tersedia atraksi terbang dengan paralayang dengan pilot profesional, berlisensi dan memiliki jam terbang yang tinggi. Para pilot telah terbang berkali-kali sehingga mengetahui karakter alam dan angin yang ada.
"Wisatawan yang ingin bermain paralayang bisa memilih 2 opsi, yaitu terbang tandem bersama instruktur, atau terbang solo," kata Tommi, seorang pelaku usaha wisata paralayang di Desa Sembalun, beberapa waktu lalu.
Harga untuk sekali terbang tandem di banderol 900 ribu rupiah dengan durasi terbang 10-15 menit, tergantung pada cuaca dan kecepatan angin. Jika kecepatan angin sedang rendah bisa terbang lebih lama, namun jika angin terlalu kencang pilot harus segera mendarat demi keamanan penerbangan.
Jika tidak cukup berani terbang dengan paralayang bisa memilih menyewa sepeda. Lintasan yang bisa dilalui adalah jalur lingkar Sembalun. Dengan cara ini wisatawan bisa bersepeda sambil menikmati bermacam sisi dari Sembalun untuk mendapatkan pemandangan yang beragam.
Ongkos sewa sepeda gunung biasa di Sembalun sebesar 20 ribu rupiah per jam. Jika ingin seharian dikenakan biaya 100 ribu rupiah. Dengan menyewa sepeda ini wisatawan tidak lagi dikenakan tiket masuk di beberapa lokasi yang ada. hay/I-1


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : Haryo Brono

Komentar

Komentar
()

Top