Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video

Menikmati Keindahan Pulau Meti Surga Tersembunyi Di Maluku Utara

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Indonesia memang terkenal dengan pulau-pulaunya yang indah dan menawan. Membuat siapapun yang berkunjung terpesona dengan pesonanya. Selain Bali dan Nusa Tenggara yang terkenal dengan pesona lautnya, Maluku ternyata juga tak kalah mempesona.

Maluku Utara adalah provinsi dengan pemandangan laut yang sangat mempesona. Sederet pulau tak berpenghuni yang pantainya tertutup pasir putih halus merupakan gambaran singkat provinsi di kawasan timur Indonesia ini.

Di antara sekian banyak pulau indah di Kepulauan Maluku Utara, salah satunya Pulau Meti yang berisi yang terdapat Meti Cottage dengan gaya arsitektur yang unik.

Tepatnya terletak di bagian timur kota Tobelo, tepatnya di Desa Mewa, Halmahera Utara. Pemandangan alam yang menawan menjadikan Pulau Meti surga tersembunyi di pesisir pantai Maluku Utara.

Satu-satunya cara untuk mencapai pulau eksotis ini adalah dengan perahu motor kecil atau yang biasa dikenal dengan istilah "ketinting" yang berangkat dari Desa Mewa. Perjalanannya tidak terlalu jauh, karena hanya 10 menit dengan perahu dari desa, wisatawan sudah sampai di Pulau Meti.

Meti Cottage dibangun oleh Supriadi, pria bergelar Master of Business Administration dari salah satu perguruan tinggi di Jerman.

Guna ingin ikut berperan menjaga alam Indonesia, Supriadi menginisiasi pembangunan Meti Cottage dengan memanfaatkan limbah kayu yang mengapung di laut. Untuk pilar bangunannya, ia menggunakan bambu besar yang diambil dari pulau besar di daratan seberang.

Untuk bisa tinggal di Meti Cottage, pengunjung hanya perlu membayar uang sewa sebesar Rp 360.000 per malam, sudah termasuk fasilitas makan, ruang pertemuan atau banquet hall serta taman bermain anak. Para tamu juga diperbolehkan membawa hewan peliharaan. Selain itu, tamu juga akan dimanjakan dengan layanan tambahan seperti snorkeling, fishing dan massage.

Dengan uang sewa tersebut, Supriadi akan menyumbangkan 20% nya untuk program pendidikan bagi anak-anak di seluruh pulau. Ia juga mengajak orang-orang yang peduli terhadap pendidikan di daerah miskin untuk membantunya menjadi relawan.

Selain keberadaan Meti Cottage, hal yang menarik dari pulau ini adalah pantainya yang sangat eksotis.

Setelah sampai di Pulau Meti, pengunjung akan melihat pantai berpasir putih yang indah, yang tidak sulit untuk memuaskan siapapun yang ingin menyelam dan mengamati keindahan biota laut di Pulau Meti yang indah.

Hamparan pasir putih, pohon kelapa yang tinggi dan air yang biru jernih menjadikannya pemandangan yang sangat menakjubkan bagi wisatawan. Terumbu karang di sekitar Pulau Meti juga tumbuh dengan sangat baik, menciptakan taman bawah laut yang benar-benar sempurna.

Siapa sangka ketika Perang Dunia II meletus, Jepang memanfaatkan pulau kecil ini untuk meningkatkan kekuatan militernya melawan sekutunya.

Di pulau ini, Anda masih bisa melihat segala macam peninggalan Jepang, mulai dari keberadaan artileri Jepang, bekas bangunan bandara, beberapa kereta hingga pesawat tempur yang jatuh di dasar laut. Bangkai pesawat yang tenggelam tersebut kini menjadi rumah bagi berbagai biota laut, termasuk terumbu karang yang sudah mulai menutupi badan pesawat.

Selain berjemur atau snorkeling di pantai, aktivitas menarik lainnya di Pulau Meti adalah memancing. Perairannya yang jernih tidak tercemar, terumbu karang tumbuh subur, dan perairan sekitar Pulau Meti dihuni oleh berbagai jenis ikan. Memancing di perairan Pulau Meti tidak akan pernah mengecewakan Anda.

Setelah puas memancing, wisatawan juga bisa mengunjungi pulau kecil di seberang Pulau Meti yang juga menikmati suasana eksotis. Untuk menuju kesana, wisatawan bisa meminta warga sekitar untuk mengantarkan ke pulau tersebut. Di sekitar pulau, pengunjung juga bisa menikmati lukisan sang pencipta, berjemur, bersantai, dan menghilangkan kejenuhan aktivitas sehari-hari.

Bagaimana, menarik, Anda bisa menikmati wisata laut tanpa harus pergi ke luar negeri atau ke Maladewa, karena di Indonesia banyak terdapat pulau-pulau menawan di sepanjang pantainya.

(arisn/FBC)
Redaktur : Fiter Bagus

Komentar

Komentar
()

Top