Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video

Lumbung Pangan Perkuat Ketahanan Pangan Desa

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) memperkuat lumbung pangan masyarakat desa. Langkah ini dipandang strategis untuk memperkuat ketahanan pangan di desa.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan Agung Hendriadi mengatakan, lumbung pangan masyarakat ini sangat penting untuk menjaga ketersediaan pangan masyarakat. Saat paceklik, masyarakat yang membutuhkan dapat meminjam gabah atau beras dan dikembalikan pada saat petani sudah panen.

"Terlebih lagi di masa pandemi ini, karena itu saya minta Dinas Ketahanan Pangan Daerah memperhatikan dan memperkuat lumbung pangan masyarakat di daerahnya. Setiap daerah harus memperkuat ketahanan pangan masyarakat," ujarnya di Jakarta, Senin (25/1).

Lumbung Pangan Masyarakat Desa, lanjut Agung, juga sangat penting untuk mengatasi masalah pangan akibat bencana alam, keadaan darurat, dan disaat paceklik. Hingga 2020, pemerintah telah membangun sekitar 5.300 lumbung pangan masyarakat.

Pemerintah pada 2021 mengalokasikan pembangunan 500 lumbung pangan baru yang tersebar tidak hanya di wilayah sentra padi, tetapi termasuk juga wilayah rentan rawan pangan yang perlu dijamin ketersediaan stok pangannya.

ers/E-10

Baca Juga :
Proyeksi Perekonomian


(ers/E-10)
Redaktur : Muchamad Ismail

Komentar

Komentar
()

Top