Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Pembangunan Infrastruktur - Puncak Arus Balik Terjadi Pada 7-9 Mei

Lonjakan Pemudik dan Logistik Pacu Ekonomi Nasional

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Jumlah truk logistik pada lebaran 2022 mencapai 22.588 unit atau naik 116 persen dibandingkan pada lebaran 2019.

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyampaikan dampak pembangunan infrastruktur oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Hal ini Erick sampaikan dalam paparan dan peninjauan rencana persiapan arus balik mudik dari Sumatera di Pelabuhan Bakaheuni, Lampung, Rabu (4/5).

"Ada data-data yang menarik, yang mana terbukti pembangunan infrastruktur yang dibangun Bapak Presiden menghasilkan pertumbuhan yang luar biasa," ujar Erick melalui keterangannya. Dalam acara itu Erick datang bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Berdasarkan data Kementerian Perhubungan (Kemenhub), ucap Erick, terjadi kenaikan signifikan dalam pergerakan angkutan lebaran pada tahun ini. Erick menyebut jumlah truk logistik pada lebaran 2022 periode H-10 hingga H-1 mencapai 22.588 unit atau naik 116 persen dibandingkan periode yang sama pada 2019 yang sebesar 10.477 unit.

Erick menilai lonjakan logistik menjadi penanda bahwa perekonomian Indonesia mulai bangkit pascapandemi covid-19.

"Ditambah lagi dengan kenaikan roda empat sampai 27 persen (dari 88.626 unit pada 2019 menjadi 112.139 unit pada 2022). Ini membuktikan ekonomi masyarakat meningkat," ucap Erick.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : andes
Penulis : Antara, Fredrikus Wolgabrink Sabini

Komentar

Komentar
()

Top