Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Kepala PVMBG, Hendra Gunawan

Letak Indonesia Pengaruhi Aktivitas Gunung Api

Foto : ISTIMEWA

Kepala PVMBG, Hendra Gunawan

A   A   A   Pengaturan Font

Letak Indonesia yang berada pada pertemuan tiga lempeng tektonik aktif, yaitu Lempeng Eurasia, Lempeng Pasifik, dan Lempeng Indo-Australia mempengaruhi peningkatan aktivitas gunung api di Tanah Air. Saat ini terdapat 68 gunung api yang berada dalam pemantauan PVMBG karena menunjukkan peningkatan aktivitas.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) merupakan satuan kerja di bawah Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Adapun PVMBG bertugas memantau gunung berapi, melakukan mitigasi bencana, penelitian vulkanologi di Indonesia, memberikan peringatan dini dan rekomendasi tindakan untuk mengurangi risiko bencana vulkanik.

Saat ini, banyak gunung api di Indonesia yang menunjukkan adanya peningkatan aktivitas berupa erupsi. Bahkan erupsi Gunung Marapi di Provinsi Sumatera Barat telah memakan korban sedikitnya 23 pendaki.1Terkait dengan kondisi gunung api di Indonesia saat ini, wartawan Koran Jakarta, Erick W Sabini, berkesempatan mewawancarai Kepala PVMBG, Dr. Ir. Hendra Gunawan, dalam beberapa kesempatan. Berikut kutipan wawancaranya.

Apa tugas PVMBG ini sehari-hari?

Beberapa gunung api aktif di Indonesia menunjukkan peningkatan aktivitas kegunungapiannya dalam beberapa hari terakhir yang dipantau secara terus-menerus 24 jam melalui pos pengamatan gunung api pada Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian ESDM.

Hingga saat ini, ada 68 gunung api yang dipantau secara terus-menerus melalui 75 pos pengamatan gunung api di seluruh Indonesia, sebagai salah satu mitigasi erupsi gunung api. Aktivitas gunung-gunung itu dipantau terus-menerus selama 24 jam.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Sriyono
Penulis : Fredrikus Wolgabrink Sabini

Komentar

Komentar
()

Top