Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Laporan PBB Transformasi Digital Sektor Pertanian Bisa Mengatasi Kerawanan Pangan Afrika sub-Sahara

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Transformasi digital sektor pertanian dapat mengatasi kerawanan pangan di sub-Sahara, Afrika, membuka jalan bagi kemakmuran di kawasan itu, menurut laporan yang baru-baru ini dirilis oleh Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO).

Populasi besar di sub-Sahara, Afrika masih mengalami kerawanan pangan akut. Delapan puluh dua persen orang Malawi mengalami kerawanan pangan sedang atau berat, diikuti oleh sekitar 7,7 juta orang di Republik Demokratik Kongo dan sekitar 3,3 juta orang di Burkina Faso.

Ini terlepas dari fakta bahwa Afrika sub-Sahara memiliki area terluas untuk tanah yang tidak ditanami di dunia. Ini juga memiliki populasi muda dan sumber daya alam yang luas. Dengan demikian secara unik diposisikan untuk menggandakan atau bahkan tiga kali lipat produktivitas pertanian saat ini, menurut laporan tersebut.

Peningkatan produktivitas pertanian seperti itu akan membantu mengangkat lebih dari 400 juta orang di Afrika sub-Sahara yang hidup dengan $1,9 atau kurang sehari, keluar dari kemiskinan. Ini juga akan meningkatkan mata pencaharian sekitar 250 juta petani kecil dan penggembala di wilayah tersebut, kata laporan itu.

Pendekatan komprehensif teknologi digital dan reformasi kebijakan dapat meningkatkan produksi tanaman lebih dari 500 persen di beberapa negara di seluruh kawasan, dengan hasil positif untuk ketahanan pangan dan mata pencaharian, menurut sebuah studi terpisah yang diterbitkan oleh Program Dana Penelitian Tantangan Global.
Halaman Selanjutnya....


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Zulfikar Ali Husen

Komentar

Komentar
()

Top