Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Konsumsi Cokelat Hitam Dapat Turunkan Risiko Hipertensi dan Pembekuan Darah

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Cokelat hitam menjadi salah satu makanan kesehatan yang populer dan kaya akan nutrisi dan antioksidan. Para peneliti kini telah menemukan hubungan yang menarik antara konsumsi cokelat hitam dan penurunan risiko hipertensi esensial dan tromboemboli vena.

Hipertensi esensial adalah suatu kondisi di mana seseorang menderita tekanan darah tinggi (di atas 120/80 mmHg) tanpa penyebab yang mendasarinya. Seiring waktu, hal ini dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah dan meningkatkan risiko stroke, serangan jantung, kehilangan penglihatan, aneurisma otak, demensia, dan gagal jantung.

Tromboemboli vena, di sisi lain, adalah kondisi medis serius yang menyebabkan penggumpalan darah di pembuluh darah yang berpotensi menyebabkan kecacatan dan kematian.

Cokelat hitam mengandung 50-90% padatan kakao dibandingkan dengan cokelat susu yang memiliki sekitar 10-50% padatan kakao. Cokelat hitam kaya akan zat besi, magnesium, tembaga, seng, dan flavanol.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bagaimana cokelat hitam dapat bermanfaat bagi sistem kardiovaskular. Namun, tidak diketahui apakah mengonsumsi cokelat hitam dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.
Halaman Selanjutnya....


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Rivaldi Dani Rahmadi

Komentar

Komentar
()

Top