Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Iklim Usaha

Kinerja Industri Nasional Kembali Ekspansif

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Kinerja sektor industri di dalam negeri kembali ekspansif pada awal tahun ini di tengah ketidakpastian kondisi perekonomian global. Indeks Kepercayaan Industri (IKI) yang dirilis Kementerian Perindustrian (Kemenperin), pada Januari 2024 mencapai 52,35 atau menguat 1,03 poin dibandingkan capaian pada Desember 2023 yang sebesar 51,32.

"Dibandingkan kinerja IKI pada Januari 2023, ada peningkatan sebesar 0,81 poin yang sebesar 51,54," kata Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional (KPAII) Kemenperin Eko SA Cahyanto dalam rilis IKI, di Jakarta, Rabu (31/1).

Indeks di atas 50 menunjukkan industri mengalami ekspansi, sementara di bawah 50 mengindikasikan sektor tersebut terkontraksi.

Eko menjelaskan dari 23 subsektor yang diukur, sebanyak 17 subsektor mengalami ekspansi dengan share Pendapatan Domestik Bruto (PDB) 90,8 persen. Sementara itu, sebanyak 6 subsektor mengalami kontraksi dengan share terhadap PDB sebesar 9,2 persen.

Baca Juga :
Transformasi Digital

Keenam subsektor yang mengalami kontraksi, di antaranya industri peralatan listrik, industri kayu, industri komputer, barang dan elektronik, industri tekstil, industri pengolahan lainnya serta industri pencetakan. Lebih lanjut, peningkatan IKI pada Januari 2024 bersumber dari Variabel Pesanan Baru, Produksi dan Persediaan Produk yang mengalami ekspansi sebesar berturut-turut 52,17; 53,63; dan 50,80.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Muchamad Ismail
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top