Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Krisis Semenanjung Korea I Korut Berikrar Hentikan Uji Coba Nuklir dan Misil

Kim Janjikan Reformasi Ekonomi

Foto : AFP/KIM Won Jin

Janji Kim l Warga Pyongyang menyaksikan televisi yang menyiarkan berita tentang janji pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, yang akan menghentikan uji coba bom nuklir dan peluncuran misil balistik pada Sabtu (21/4). Janji Kim disampaikan beberapa hari sebelum dilaksanakan pertemuan tingkat tinggi dengan Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, pada 27 April.

A   A   A   Pengaturan Font

Setelahberjanji untuk menghentikan program persenjataan nuklirnya, pemimpin Korut, Kim Jong-un, berjanji akan melakukan reformasi ekonomi di negaranya agar Korut bisa kembali bangkit dari keterpurukan.

SEOUL - Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un, diwartakan pada Minggu (22/4) telah berjanji akan melakukan reformasi ekonomi sosialis di negaranya. Janji reformasi itu disebut sejumlah analis politik akan mirip gaya reformasi ekonomi di Tiongkok, negara sekutu satu-satunya dari Korut.

"Haluan strategis terbaru dari Partai Pekerja Korut adalah reformasi ekonomi sosialis," kata Kim pada pidato yang disampaikannya pada Sabtu (21/4) seperti dikutip dari kantor berita KCNA.

Janji Kim disampaikan bersamaan dengan pengumuman bahwa Korut telah menyelesaikan pengembangan persenjataan nuklirnya sehingga uji coba bom atom maupun peluncuran misil sudah tak perlu dilakukan lagi. Tak hanya itu. Kim juga memastikan bahwa lokasi uji coba nuklir di Punggye-ri akan dibongkar untuk memastikan tak akan lagi terjadi uji coba ledakan nuklir.

Perekonomian Korut terpuruk selama beberapa dekade karena salah urus. Kondisi perekonomian kian melorot setelahUni Soviet menghentikan dukungan keuangan setelah Negara Beruang Merah itu bubar.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : AFP

Komentar

Komentar
()

Top