Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Kesadaran Berobat Penderita Kanker Rendah

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

YOGYAKARTA - Penyakit kanker merupakan penyakit yang dapat menimbulkan dampak sosial, ekonomi, psikologi, dan spiritual yang cukup berarti. Data angka kejadian dan kematian penyakit kanker, baik di tingkat global, Indonesia maupun di Daerah Istimewa Yogyakarta terus mengalami peningkatan.

Irene Marcellina Sunarsih, Wakil Ketua I Yayasan Kanker Indonesia Cabang DIY, menyebut jenis kanker tertinggi adalah kanker payudara. Kondisi penderita kanker payudara, papar perempuan berusia 75 tahun ini, memprihatinkan karena banyak pasien datang ke rumah sakit dalam stadium lanjut.

"Tidak sedikit dari mereka karena menunda pengobatan medisnya dengan beberapa alasan dan mencoba melakukan pengobatan nonmedis," kata Irene, di Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM, beberapa waktu lalu.

Oleh karena itu, menurut Irene, perlu mencari tahu penyebab pasien kanker payudara menunda pengobatan medis. Selain itu, perlu membuat pedoman relawan guna pendampingan pasien kanker payudara sebagai salah satu bentuk pengembangan model pendampingan agar pasien segera melakukan upaya medis. YK/E-3

Penulis : Eko S

Komentar

Komentar
()

Top