Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Kemandirian Pangan | Pupuk Indonesia Sebut Total Produksi Pupuk Subsidi Capai 2,8 Juta Ton

Kemudahan Akses Pupuk Subsidi Pacu Produksi

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

Kemudahan akses pupuk subsidi bagi petani diharapkan bisa meransang petani untuk mempercepat tanam atau tidak mengalihkan lahannya bagi tanaman lain.

JAKARTA - Langkah pemerintah mempermudah akses petani terhadap pupuk subsidi diharapkan bisa meningkatkan produksi pangan. Terlebih lagi, produksi beras tahun ini diproyeksikan turun.

Padahal, selain akses pupuk, sektor pertanian pangan juga menghadapi beberapa kendala, seperti faktor perubahan iklim dan maraknya alih fungsi lahan. Karena itu, sejumlah terobosan diperlukan agar kondisi pangan di dalam negeri tak makin pelik ke depannya.

Baca Juga :
Ancaman Kekeringan

"Makanya, kebijakan pemerintah (Kementan) merevisi aturan distribusi pupuk menjadi lebih mudah karena hanya menggunakan kartu tanda penduduk (KTP) sudah tepat untuk mengantisipasi penurunan produksi," kata Kepala Pusat Pengkajian dan Penerapan Agroekologi Serikat Petani Indonesia, Muhammad Qomarunnajmi, kepada Koran Jakarta, Kamis (7/12).

Sejak 2021 hingga 2023, produksi beras nasional selalu turun. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, selama September-Desember 2023, terjadi penurunan produksi sebesar 0,06 juta ton dari periode sama tahun lalu. Angka itu lebih baik ketimbang penurunan produksi selama Oktober-Desember 2023 sebanyak 0,59 juta ton.

"Apabila di sisi hulu, produksi ini tak ada perubahan, dikhawatirkan tahun depan produksi akan kembali turun karena semakin nyatanya dampak perubahan iklim yang terjadi di banyak negara," ujar Qomar.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Muchamad Ismail
Penulis : Fredrikus Wolgabrink Sabini

Komentar

Komentar
()

Top