Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
KUOTA

Kementan Dorong Kluster Pertanian

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA-Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) mendorong pengembangan klaster pertanian di 34 provinsi di tanah air. Pola klaster merupakan pengembangan pertanian berdasarkan keunggulan wilayah, sehingga lebih fokus dalam mengejar target-target pemerintah.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memerintahkan semua jajaran di Kementan untuk membangun dan mengembangkan potensi pertanian di seluruh indonesia dengan sistem cluster.

"Selain untuk menjamin kelancaran pangan bagi pasar domestik, pengembangan klaster juga mampu menambah ekspor,"ungkap Syahrul dalam pertemuan dengan para eksportir di Jakarta, Senin (2/12).

Ditambahkan Syahrul, Indonesia merupakan negara besar yang memiliki potensi sumber daya alam (SDA) yang luar biasa, yang bisa dioptimalkan. "Di luar negeri butuh jahe merah.

Kita bisa ekspor dengan koneksi. Atau saya memiliki koneksi tetapi saya tidak punya lahan. Begitu juga untuk ubi kayu dan tanaman obat-obatan. Untuk itu kita juga harus melakukan koneksi dan mixing aturan program,"terang Syahrul. ers/E-12

Penulis : Fredrikus Wolgabrink Sabini

Komentar

Komentar
()

Top