Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Kebijakan Hilirisasi Dorong Realisasi Investasi di Indonesia

Foto : ANTARA/Jojon

Tumpukan nikel di atas kapal tongkang di kawasan industri smelter nikel di Kecamatan Morosi, Konawe, Sulawesi Tenggara, Senin (27/2/2023).

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Kebijakan hilirisasi yang diterapkan pemerintah mampu mendorong realisasi investasi di Tanah Air. Hal itu terlihat dari kontribusi kebijakan tersebut terhadap investasi langsung (direct investment) menyentuh angka 30 persen pada tahun 2023.

"Dari bahan baku menjadi bahan produk setengah jadi, ini ada peningkatan dari sisi investasi," ujar Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics (CORE), Mohammad Faisal dalam sebuah diskusi di Jakarta, Rabu (21/2).

Seperti dikutip dari Antara, Faisal mengatakan sebelum diterapkannya kebijakan tersebut, investasi yang masuk ke Indonesia didominasi oleh sektor jasa, namun setelah program hilirisasi berjalan, pembangunan infrastruktur untuk menopang sektor pengolahan (manufaktur) terus berkembang secara signifikan.

Seperti halnya investasi dan pembangunan infrastruktur di industri pengolahan nikel yang menurutnya mengalami peningkatan yang cukup tinggi sejak kebijakan ini bergulir. "Khususnya di nikel, cukup lancar, cukup berkembang," katanya.

Lebih lanjut Faisal mengatakan, selain mendongkrak realisasi investasi, kebijakan hilirisasi juga dinilai mampu menambah devisa negara melalui peningkatan keuntungan ekspor.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top