Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Pendidikan Nasional

Keberadaan Cetak Biru Pendidikan Sudah Mendesak

Foto : ISTIMEWA

Sekretaris Jenderal Fe­derasi Serikat Guru Indone­sia (FGSI), Heru Purnomo.

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Pemerintah diminta segera membuat pola dasar atau cetak biru pendidikan secara nasional yang melibatkan seluruh komponen pendidikan. Ini penting agar bisa menjadi pedoman, agar bisa menjadi pedoman, tolok ukur dan petunjuk arah dalam menjalankan kebijakan-kebijakan pendidikan secara nasional.

Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia (FGSI), Heru Purnomo mengatakan, melalui cetak biru pendidikan tersebut, pembangunan pendidikan nasional tak lagi dilakukan secara parsial dan sporadis tetapi lebih terencana, komprehensif dan melibatkan semua pihak.

Dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) ini, Heru juga meminta pemerintah untuk menata lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK) maupun fakultas keguruan dan ilmu pendidikan (FKIP) yang tak bermutu, sehingga guru yang dihasilkan pun berkompeten.

"Kurikulum di LPTK mesti disesuaikan dengan perkembangan zaman dan teknologi. Begitu juga dengan kurikulum yang memuat pendidikan ramah anak dan kemampuan berpikir kritis," tambah dia.

Heru menambahkan, guru mesti dibekali dengan pendidikan ramah anak, memahami UU Perlindungan Anak dan guru mesti dibekali kompetensi sosial dan kepribadian yang matang.
Halaman Selanjutnya....

Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top