Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Kapasitas Tenaga Surya Tiongkok Naik 55,2 Persen Tahun 2023

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Badan Energi Nasional Tiongkok merilis data bahwa kapasitas pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) yang terpasang di Negeri Tirai Bambu itu mengalami kenaikan mencapai 55,2 persen di tahuj 2023.

Berdasarkan data tersebut, Tiongkok berhasil membangun lebih dari 216 gigawatt (GW) tenaga surya pada tahun lalu. Sekaligus menggarisbawahi skala dan kecepatan pembangunan tenaga surya di Tiongkok.

Dilansir dari Reuters, kapasitas pembangkit listrik Tiongkok secara keseluruhan tumbuh sebesar 13,9 persen selama tahun 2023 hingga mencapai total 2.919 GW. Bersamaan dengan proyek-proyek tenaga surya yang baru, kapasitas pembangkit listrik tenaga angin di negara ini melonjak sebesar 20,7 persen, demikian data tersebut.

Pertumbuhan kapasitas yang cepat ini didorong oleh serangkaian target pemerintah yang diumumkan pada tahun 2020, di mana Beijing berencana untuk mencapai puncak emisi pada tahun 2030 dan netralitas karbon pada tahun 2060. Pemerintah berkomitmen untuk membangun 1.200 GW kapasitas energi terbarukan pada tahun 2030 untuk mendukung hal ini, tetapi Cina berada di jalur yang tepat untuk mencapai target tersebut lima tahun lebih awal.

Menurut data tersebut juga menunjukkan bahwa waktu penggunaan fasilitas pembangkit listrik yang lebih besar di Tiongkok menurun tahun lalu, mengindikasikan bahwa peningkatan kapasitas melebihi pertumbuhan permintaan energi. Di sisi lain, Biro Statistik Nasional mencatat bahwa pembangkit listrik tenaga air turun sekitar 5,6 persen tahun lalu.


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Rivaldi Dani Rahmadi

Komentar

Komentar
()

Top