Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Jepang dan Australia Bahas Kerja Sama Kontinjensi Militer

Foto : ANTARA/Dhemas Reviyanto

Prajurit Angkatan Laut Jepang berjalan menuju kapal JS Samidare seusai mengikuti upacara penyambutan di dermaga JICT II, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, beberapa waktu lalu.

A   A   A   Pengaturan Font

TOKYO - Jepang dan Australia membahas potensi kerja sama militer jika terjadi situasi darurat di wilayah-wilayah terdekat kedua negara, kata sejumlah sumber pemerintah, yang sepertinya merujuk kepada aktivitas maritim Tiongkok yang tengah meningkat.

Lewat pembicaraan ini dan pengembangan contoh kolaborasi antara Pasukan Bela Diri Jepang dan angkatan bersenjata Australia, Tokyo mendambakan adanya pedoman kerja sama pertahanan bilateral dengan Canberra untuk memperjelas pembagian peran kedua negara, tambah sumber-sumber itu.

Seperti dikutip dari Antara, kedua negara juga akan membahas modernisasi dan frekuensi latihan bersama antara kedua pasukan, kata sumber-sumber tersebut.

Ini menjadi langkah yang bisa meningkatkan aspek penggentar dari kemungkinan aktivitas militer provokatif yang dilakukan Tiongkok di kawasan Indo-Pasifik.

Konsultasi tingkat kerja itu digelar mengacu kepada deklarasi bersama mengenai kerja sama keamanan yang ditandatangani oleh Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese saat keduanya bertemu di Australia pada Oktober 2022.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top