Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Jenderal Kopassus Lulusan Terbaik Akmil Ini Disebut Calon Kuat Pangkostrad

Foto : Istimewa

Mayjen I Nyoman Cantiasa.

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Seiring dengan dilantiknya Jenderal Dudung Abdurachman sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang naik kelas menjadi Panglima TNI, maka jabatan Pangkostrad yang selama ini dipegang Dudung akan dilepaskan. Sejumlah jenderal disebut berpeluang jadi orang nomor satu di Kostrad.

Salah satunya adalah jenderal Kopassus ini. Jenderal Kopassus yang disebut berpeluang jadi Pangkostrad ini adalah Mayjen I Nyoman Cantiasa yang saat ini tengah dipercaya memegang jabatan Pangdam Kasuari.

Dia adalah mantan Danjen Kopassus.Nyoman Cantiasa bukan jenderal biasa. Ia tak hanya jago tempur, tapi jenderal cerdas. Sebagai bukti, Nyoman Cantiasa adalah lulusan terbaik Akademi Militer tahun 1990 pemegang bintang penghargaan bergengsi Adhi Makayasa.

Sejak lulus dari Akmil, Cantiasa langsung merintis karir militernya di korps baret merah (Kopassus). Sederet posisi penting di Kopassus pernah dipegang jenderal kelahiran Buleleng 26 Juni 1967 ini. Cantiasa pernah menjabat Komandan Tim Den 81 Gultor Kopassus. Jabat lainnya yang pernah dipegangnya adalah sebagai Dantim Intel Grup 3 Sandhi Yudha.

Kemudian ia jadi Komandan Sekolah Komando dan Sekolah Para di Pusdikpassus dengan pangkat mayor. Karirnya terus menanjak saat ia ditunjuk sebagai Dandenma Kopassus di Cijantung. Pangkatnya pun ikut naik menjadi Letkol. Pada tahun 2010, Cantiasa dipromosikan menjadi Dansat 81 Kopassus tahun 2010.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Agus Supriyatna

Komentar

Komentar
()

Top