Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video

Jenderal Intel Kopassus Asal Jambi

Foto : Istimewa.

Letjen Teddy Lhaksmana.

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Dididik Kopassus, jenderal asal Jambi ini karirnya malang melintang di intelijen. Sejumlah posisi penting pernah dipegangnya semasa aktif berdinas di TNI.

Ia pernah menjadi Pangdam Jaya. Terakhir ia pensiun dengan pangkat jenderal bintang tiga alias Letnan Jenderal (Letjen). Siapa dia, jenderal intel Kopassus asal Jambi ini?

Dia adalah Letjen (Purn)Teddy Lhaksmana. Ya, Letjen Teddy Lhaksmana memang lahir di Jambi pada 15 Februari 1959. Sang jenderal merupakan alumnus Akademi Militer tahun 1983. Ia juga perwira didikan Kopassus. Di Korps Baret Merah, ia pernah menjabat sebagai Kasiops Grup-1 Kopassus dan Komandan Grup I/Kopassus dari tahun 2004 sampai 2006.

Kemudian ditarik ke Kodam III/Siliwangi untuk mengisi posisi sebagai Asisten Intelijen Kasdam III/Siliwangi pada tahun 2006. Usai tugas di Kodam Siliwangi, Teddy ditarik ke Mabesad menjadi Dandenma Mabesad.Selesai bertugas di Mabesad, pada tahun 2012, Teddy kembali bertugas di dunia intelijen. Ia diangkat jadiDanpusintelad. Jabatan itu dipegangnya hingga tahun 2013. Selanjutnya, ia dipercaya menjadi Kasdam Jaya hingga tahun 2015.

Kemudian diangkat menjadi Staf Khusus Kasad. Tahun 2015, Teddy kembali berdinas di badan intelijen. Kali ini ia ditugaskan di Badan Intelijen Negara (BIN) sebagai Sahli Bid. Hankam BIN. Selesai bertugas di BIN,Teddy diangkat menjadiPangdam Jaya yang dipegangnya dari tahun 2015 hingga 2017.

Setelah itu di tahun yang sama, Letjen Teddy kembali ke BIN, untuk memangku jabatan sebagai Wakil Kepala BIN, menggantikan pejabat sebelumnya Torry Djohar Banguntoro. Jabatan sebagai orang nomor dua di BIN ini dipegangnya hingga sekarang.




Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Agus Supriyatna

Komentar

Komentar
()

Top