Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Inflasi November Meningkat dari Bulan Sebelumnya

Foto : ANTARA/Imamatul Silfia

Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik BPS Moh Edy Mahmud dalam Rilis Perkembangan Indeks Harga Konsumen November 2023 di Jakarta, Jumat (1/12/2023).

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat perekonomian Indonesia mengalami inflasi 0,38 persen pada November 2023 jika dibanding dengan IHK bulan sebelumnya (month-to-month/ mtm). Angka tersebut meningkat dibandingkan catatan pada Oktober lalu sebesar 0,17 persen (mtm).

Secara tahunan (yoy), inflasi pada November lalu tercatat sebesar 2,86 persen, lebih tinggi dibandingkan catatan pada Oktober lalu sebesar 2,56 persen (yoy). BPS mencatat inflasi tahunan pada November 2023 didorong oleh lonjakan harga komoditas beras.

"Komoditas yang memberikan andil inflasi kelompok ini adalah beras sebesar 0,58 persen," kata Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik BPS Moh Edy Mahmud di Jakarta, Jumat (1/12).

Kemudian, komoditas penyumbang utama lainnya adalah cabai merah sebesar 0,19 persen, rokok kretek filter 0,18 persen, cabai rawit 0,10 persen, daging ayam ras 0,09 persen, dan bawang putih 0,07 persen.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Muchamad Ismail
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top