Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Perdagangan Internasional

IMF: Pengiriman Kontainer di Laut Merah Turun 30 Persen

Foto : KARIM SAHIB/AFP

Direktur Departemen Timur Tengah dan Asia Tengah IMF, Jihad Azour

A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON - Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF), pada Rabu (31/1), mengatakan pengiriman kontainer melalui Laut Merah telah menurun hampir sepertiganya pada tahun ini akibat serangan pemberontak Houthi dari Yaman yang masih berlanjut.

"Pengiriman peti kemas telah menurun hampir 30 persen," kata Direktur Departemen Timur Tengah dan Asia Tengah IMF, Jihad Azour, seraya menambahkan penurunan perdagangan semakin cepat pada awal tahun ini.

Dikutip dari Barron, Pentagon pada hari Selasa, menyebutkan kelompok Houthi yang didukung Iran telah melancarkan lebih dari 30 serangan terhadap kapal komersial dan kapal angkatan laut sejak 19 November.

Kelompok pemberontak itu mengatakan serangan itu merupakan bentuk solidaritas terhadap Palestina dan sebagai protes perang Israel- Hamas di Jalur Gaza sejak Oktober.

Platform PortWatch IMF menunjukkan total volume transit melalui Terusan Suez turun 37 persen tahun ini hingga 16 Januari dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Kanal ini menghubungkan Laut Merah dengan Laut Mediterania.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top