Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Inflasi Januari 2024

Harga Beras Masih Terus Naik di 28 Provinsi

Foto : Sumber: Kementerian Perdagangan
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Sekalipun sudah mengimpor berbagai komoditas bahan pokok seperti beras, namun hingga awal tahun 2024, pemerintah dinilai belum mampu mengendalikan kenaikan harga pangan.

Hal itu terlihat pada data Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyebutkan inflasi pada Januari 2024 sebesar 0,04 persen. Khusus beras, harganya pada Januari lalu naik 0,64 persen dengan andil terhadap inflasi utama 0,03 persen.

Pelaksana Tugas Kepala BPS, Amalia Adininggar Widyasanti, di Jakarta, Kamis (1/2), mengatakan untuk inflasi tahunan pada Januari 2024 tercatat 2,57 persen yang didorong oleh inflasi pada sejumlah komoditas, di antaranya beras, sigaret kretek mesin, bawang putih, dan tomat.

"Berdasarkan kelompok pengeluaran inflasi tahunan terbesar terjadi pada kelompok makanan, minuman, dan tembakau sebesar 5,84 persen dan memberikan andil 1,63 persen terhadap inflasi umum," kata Amalia.

Lebih lanjut, Amalia mengatakan kenaikan harga beras terjadi di 28 provinsi, sedangkan harga beras di 10 provinsi lainnya menunjukkan penurunan. Kemudian, seluruh provinsi di Pulau Jawa dan Bali Nusa Tenggara (Nusra) disebut mengalami kenaikan harga beras.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Vitto Budi
Penulis : Eko S

Komentar

Komentar
()

Top