Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Hadapi Tantangan dan Risiko, Riset Ungkap 3 Dilema Profesi Jurnalis

Foto : the conversation/shutterstock/wellphoto

Ilustrasi.

A   A   A   Pengaturan Font

Wisnu Prasetya Utomo, University of Sheffield

Jurnalis adalah salah satu profesi yang berperan signifikan dalam suatu negara. Ini karena lembaga pers merupakan institusi sosial yang berfungsi sebagai lembaga kontrol.

Namun, profesi jurnalis kini menghadapi banyak tantangan dan resiko, termasuk kerentanan dalam hal stabilitas finansial dan keberlangsungan karier.

Sepanjang tahun 2020-2022, saya mewawancarai 50 jurnalis dari beragam latar belakang, dari yang baru masuk industri media sampai yang sudah belasan tahun berprofesi sebagai jurnalis. Salah satu kesimpulan yang saya dapat: profesi jurnalisme menjadi semakin rentan secara finansial dan jurnalis semakin terindividualisasi.

Individualisasi berarti bahwa corak kerja yang ada semakin mengisolasi jurnalis untuk fokus pada diri sendiri, misalnya harus menguasai berbagai keterampilan sekaligus, tanpa sempat untuk memupuk solidaritas kolektif dalam serikat pekerja. Konsekuensinya, problem yang muncul hanya dianggap sebagai problem individu, alih-alih problem struktural yang membutuhkan jawaban struktural.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : -
Penulis : -

Komentar

Komentar
()

Top