Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Wisata Padang Pasir

Gumuk Pasir Parangkusumo dapat Berseluncur dengan Bebas

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Yogyakarta memiliki banyak destinasi wisata yang patut untuk dikunjungi wisatawan seperti Gunung Merapi, pantai, tempat belanja dan candi. Yogyakarta juga mempunyai tempat wisata gurun pasir yang sangat luas sebagai destinasi wisata namanya Gumuk pasir Parangkusumo.

Gumuk pasir Parangkusumo terletak di sebelah barat Pantai Parangkusumo, salah satu pantai di kawasan Pantai Parangtritis. Lokasi Gumuk Pasir tersebut berada di daerah Jl. Pantai Parangkusumo, Grogol 10, Pantai Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jarak untuk menuju Gumuk pasir Parangkusumo sekitar 30 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 50 menit dari pusat Kota Yogyakarta.

Fenomena gumuk pasir di dataran Indonesia ini tergolong unik karena terbentuk di kawasan yang memiliki curah hujan tinggi. Hal ini menjadikan Gumuk Pasir Parangkusumo satu-satunya gumuk pasir yang ditemukan di Asia Tenggara selain di kawasan gurun di Benua Afrika.

Gumuk Pasir merupakan bentukan alam berupa gundukan-gundukan pasir yang menyerupai bukit akibat pergerakan angin. Istilah 'gumuk' berasal dari bahasa jawa yang berarti gundukan atau sesuatu yang menyembul dari permukaan datar.
Halaman Selanjutnya....

Komentar

Komentar
()

Top