Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video

Generator Hidrogen Hijau Terbesar Dunia Akan Dibangun di Australia Barat

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Australia Barat akan segera menjadi rumah bagi proyek hidrogen hijau terbesar di dunia. Western Green Energy Hub (WGEH) ingin mengerahkan 50 GW pembangkit tenaga surya dan angin untuk menghasilkan hingga 3,5 juta ton hidrogen hijau atau 20 juta ton amonia per tahun.

Melansir laman Newatlas, Proyek monster ini melampaui proyek Svevind 45-GW di Kazakhstan yang diumumkan hanya beberapa minggu yang lalu. Proyek ini diperkirakan membutuhkan dana yang besar di industri energi dalam ekspor energi hijau.

Ya, hidrogen tidak efisien dan sangat boros dibandingkan dengan menyimpan dan melepaskan energi hijau dalam baterai. Tetapi dunia bertujuan untuk menghilangkan karbon sepenuhnya pada tahun 2050, dan baterai tidak memiliki kepadatan energi untuk banyak aplikasi, seperti truk jarak jauh, pengiriman dan penerbangan.

Hidrogen juga akan menjadi kunci dalam produksi baja dekarbonisasi dan ini mewakili peluang ekspor energi di dunia pasca batubara dan minyak yang tampaknya tidak akan mendapatkan jaringan energi global dalam waktu dekat untuk berbagi energi terbarukan tanpa menempatkannya di atas kapal.

Hub baru ini akan memanfaatkan potensi matahari yang sangat baik dan potensi angin kencang di Australia Barat, menempati sekitar 15.000 kilometer persegi (5.800 sq mi) gurun yang sebagian besar berwarna merah dan berbatu di dekat Kalgoorlie di tenggara negara bagian itu.

Konstruksi akan dilakukan secara bertahap, untuk meningkatkan karena permintaan yang diharapkan untuk bahan bakar hijau ini mengalami peningkatan.

WGEH akan dikembangkan oleh InterContinental Energy, bersama dengan CWP Global dan Mirning People, pemegang hak asli wilayah yang bersangkutan.

Menariknya, InterContinental juga berada di belakang Asian Renewable Energy Hub (AREH), proyek bahan bakar hijau serupa di barat laut Australia Barat yang akan menjadi yang terbesar di dunia dengan 26 MW.

AREH dilacak cepat dengan status Proyek Utama dari Pemerintah Australia, tetapi baru-baru ini, menteri lingkungan federal konservatif negara itu menempatkan omong kosong pada pembangunan, mengklaim itu akan memiliki dampak lingkungan yang "tidak dapat diterima". Akan menarik untuk melihat bagaimana proyek WGEH yang lebih besar berjalan dalam hal ini.

(arisn/FBC)
Editor : Fiter Bagus
Penulis : Aris N

Komentar

Komentar
()

Top