Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video

Gates dan Melinda Ingin Kurangi Kemiskinan Ekstrem Dunia

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Triliuner pendiri Microsoft, Bill Gates, dan istrinya, Melinda, telah mengumumkan untuk berpisah setelah bersama selama 27 tahun. Pasangan itu mengumumkan keputusannya dalam pernyataan bersama pada hari Selasa (4/5). Mereka mengaku tidak bisa mempertahankan rumah tangga meski telah diupayakan lama.
Pasangan ini memiliki komitmen mulia di dalam mengurangi kemiskinan di seluruh dunia. Di dalam masa pandemi Covid-19 mereka juga menguras kantong untuk mengupayakan vaksin bagi dunia. Keduanya membangun yayasan untuk tujuan kehidupan yang lebih baik di seluruh dunia. Filantropi sepertinya menjadi jiwa Gate dan Melinda.
Maka, dunia menyayangkan perpisahan ini. "Selama 27 tahun terakhir, kami telah membesarkan tiga anak yang luar biasa dan membangun sebuah yayasan untuk kerja di seluruh dunia yang memungkinkan semua orang menjalani kehidupan sehat dan produktif," tulis mereka.
Bill, 65, dan Melinda, 56, menikah pada Tahun Baru 1994, dalam upacara pribadi di Pulau Lanai Hawaii. Mereka memiliki tiga anak bersama: Jennifer (25), Rory (21), dan Phoebe (18).

"Foundation"
Mereka meluncurkan Bill & Melinda Gates Foundation dengan tujuan ambisius untuk pengurangan kemiskinan ekstrem di seluruh dunia. Pasangan ini adalah ketua bersama dan pengawas yayasan, yang memiliki aset lebih dari 50 miliar dollar AS.
Setahun terakhir, mereka sangat terlibat dalam tanggap dunia terhadap Covid-19. Mereka telah berkomitmen menyerahkan 1,75 miliar dollar AS untuk membantu mengembangkan dan mendistribusikan vaksin.

Giving Pledge
Pasangan itu juga membantu mendirikan Giving Pledge pada 2010, bersama dengan investor, Warren Buffet. Giving Pledge menyerukan kepada para penandatangan untuk memberikan setidaknya setengah dari kekayaan bersih mereka untuk tujuan filantropi.
Giving Pledge ini beranggotakan orang-orang superkaya dunia. Para anggota harus menyatakan sejumlah nilai uang untuk diserahkan kepada "Giving Pledge" untuk dikelola demi memperbaiki kehidupan manusia di seantero jagat.

Pertemuan
Pasangan itu bertemu pada tahun 1987, ketika Nyonya Gates yang saat itu dikenal sebagai Melinda French adalah seorang karyawan di Microsoft. Mr Gates ikut mendirikan perusahaan tersebut pada tahun 1970-an. Dalam serial dokumenter Netflix beberapa tahun lalu, Nyonya Gates berbagi anekdot lucu dalam hubungan mereka.
Dia sempat menyusun daftar "pro dan kontra" Gates menikahinya. "Dia harus membuat keputusan," kata Melinda sambil tertawa terbahak-bahak, waktu itu. Pada awalnya, pasangan itu mengungkapkan, hubungan mereka adalah hubungan biasa. "Dia punya pacar lain, dan saya punya Microsoft," kata Gates.
Menurut Gates, keduanya seperti berucap, "Hei, kami tidak terlalu serius tentang satu sama lain, bukan? Kami tidak akan menuntut waktu satu sama lain." Kemudian Melinda menambahkan, "Saya baru mengenal Microsoft. Ada banyak pria di sana, dan Anda masih melihat-lihat."

Kekayaan
Namun setelah setahun, yang mengejutkan mereka sendiri, keduanya memutuskan saling mencintai. Ketika akhirnya menikah pada tahun 1994, Gates berusia 38 tahun dan Melinda 29 tahun. Lalu pertanyaannya, berapa kekayaan bersih mereka?
Kekayaan bersih Bill Gates terdaftar dalam Forbes 168 miliar dollar AS. Ini membuatnya orang terkaya keempat dunia setelah Jeff Bezos (253 miliar dollar AS), Bernard Arnault ( 236 miliar dollar AS), dan Elon Musk ( 215 miliar dollar AS).
Perceraian Gates terjadi dua tahun setelah miliarder terkenal lainnya, Jeff Bezos, menyelesaikan perpisahannya dari istrinya selama 25 tahun, MacKenzie Scott. Perceraian itu berakhir dengan penyelesaian besar-besaran. Mr Bezos memberi Ms Scott seperempat dari saham bersama mereka di Amazon, senilai sekitar 32 miliar dollar AS saat itu. wid/news/G-1

Bill Gates

Pendiri Microsoft
2000 tinggalkan Dewan Microsoft dan fokus filantropi
Kekayaan 168 miliar dollar AS
65 tahun

Melinda

Mantan manajer di Microsoft
Pendiri Bill & Melinda Gates Foundation
Pendiri Pivotal Ventures (perusahaan investasi tujuan sosial)
56 tahun

Bill & Melinda Gates Foundation

Saham: 20 miliar dollar AS
Bantu global: 54,8 milliar dollar AS
Bantu 135 negara

(wid/G-1)
Redaktur : Aloysius Widiyatmaka

Komentar

Komentar
()

Top