Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Kepemimpinan Nasional

Ganjar Diminta Susun Program untuk Bangun Ketahanan Pangan

Foto : ISTIMEWA

DWI ANDREAS SANTOSO Guru Besar IPB - Presiden Indonesia ke depan memiliki tugas penting untuk menggenjot produksi pangan karena ketimpangan antara yang kita ekspor dan impor itu makin melebar.

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Bakal calon presiden (Bacapres) dari PDI Perjuangan (PDIP), Ganjar Pranowo, diminta untuk menyusun program terperinci dalam upaya membangun ketahanan pangan nasional di Indonesia.

"Presiden Indonesia ke depan memiliki tugas penting untuk menggenjot produksi pangan karena ketimpangan antara yang kita ekspor dan impor itu makin melebar. Ada beberapa hal yang teramat penting yang jarang disentuh," kata Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB), Dwi Andreas Santoso, dalam keterangannya, di Jakarta, Senin (25/9).

Seperti dikutip dari Antara, Andreas mengemukakan hal itu terkait dengan pernyataan Ganjar dalam forum kebangsaan di Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia (UI), Senin (18/9), yang mengungkap tiga strategi utama untuk meningkatkan ketahanan pangan.

Pertama, tambah Andreas, aktivasi birokrasi untuk memantau ketersediaan suplai dan permintaan. Kedua, menggenjot sentra produksi bahan pokok. Ketiga, menyeimbangkan neraca ekspor dan impor pangan.

Andreas menyoroti niat Ganjar menggenjot sentra produksi bahan pokok karena hingga saat ini belum ada presiden yang sukses menggenjot produksi sehingga Indonesia memiliki kedaulatan pangan. Salah satu indikasi adalah impor gandum yang terus membengkak dari tahun ke tahun.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Eko S

Komentar

Komentar
()

Top