Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Empat Provinsi di Ukraina Gelar Referendum Siap Bergabung dengan Rusia

Foto : AP

Sebuah papan reklame di atas jalan di Luhansk bertuliskan "dengan Rusia selamanya, 27 September", menjelang pemungutan suara yang dimulai pada hari Jumat dan berlanjut hingga Selasa

A   A   A   Pengaturan Font

Empat provinsi di Ukraina yang dikendalikan Rusia dan pasukan pro-Moskow bersiap menggelar referendum pada Jumat untuk bergabung dengan Rusia. Para pemimpin yang ditunjuk oleh Rusia di wilayah itu pada Selasa (20/9) mengumumkan rencana pemungutan suara, langkah yang dianggap Barat dapat memicu eskalasi perang.

Hasil referendum itu dipandang sebagai bukti bahwa keempat provinsi tersebut mendukung aneksasi, sementara Ukraina dan sekutunya telah menegaskan mereka tidak akan mengakui hasilnya. Pemungutan suara di provinsi Luhansk, Donetsk, Kherson, dan Zaporizhzhia, yang menempati sekitar 15 persen wilayah Ukraina, akan berlangsung mulai Jumat hingga Selasa.

Ukraina bulan ini melancarkan serangan balasan untuk merebut kembali sebagian besar wilayahnya, tujuh bulan setelah Rusia menginvasi negara itu.

Perang Ukraina-Rusia telah menewaskan ribuan orang, mengusir jutaan orang lainnya, dan merusak ekonomi global. Referendum tersebut telah dibahas berbulan-bulan oleh para pejabat pro-Rusia, tetapi kemenangan pasukan Ukraina baru-baru ini mengganggu mereka untuk menjadwalkan pelaksanaannya.

Presiden Rusia Vladimir Putin pekan ini juga mengumumkan rencana untuk mengerahkan 300.000 tentara tambahan ke Ukraina. Moskow tampaknya berusaha memenangi kembali konflik tersebut. Rusia berdalih bahwa saat ini adalah kesempatan bagi para warga di sejumlah wilayah di Ukraina untuk menyampaikan pandangan mereka.
Halaman Selanjutnya....


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Rivaldi Dani Rahmadi

Komentar

Komentar
()

Top