Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Ekonom: The Fed Akan Pertahankan Suku Bunga di Atas 4% Setelah 2023

Foto : FT/Reuters

The Fed tahun ini menaikkan suku bunga pada kecepatan paling agresif sejak 1981.

A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON - Mayoritas ekonom terkemuka mengungkapkan, Bank Sentral Amerika Serikat atau The Federal Reserve (The Fed) akan menaikkan suku bunga acuan di atas 4 persen dan tetap mempertahankan angka itu setelah 2023 untuk melawan inflasi tinggi. Demikian hasil survei Financial Times baru-baru ini.

Survei terbaru yang dilakukan bersama Initiative on Global Markets di Booth School of Business University of Chicago itu menunjukkan bahwa The Fed belum akan mengakhiri kampanyenya untuk memperketat kebijakan moneter.

Komite Pasar Terbuka Federal telah menaikkan suku bunga tahun ini pada laju tercepat sejak 1981 dan diperkirakan akan menerapkan kenaikan suku bunga 0,75 poin persentase ketiga berturut-turut pada Rabu. Langkah itu akan menaikkan kisaran target, yang melayang mendekati nol baru-baru ini pada Maret, menjadi 3 - 3,25 persen.

Hampir 70 persen dari 44 ekonom yang disurvei antara 13 dan 15 September percaya bahwa angka dana fed dari siklus pengetatan ini akan mencapai puncaknya antara 4 dan 5 persen, dengan 20 persennya melihat perlu melewati level itu.

"FOMC masih belum mencapai kesepakatan terkait seberapa tinggi mereka perlu menaikkan suku bunga," kata Eric Swanson, pakar di University of California, Irvine, yang memperkirakan suku bunga dana fed akhirnya mencapai antara 5 dan 6 persen.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top