Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

EBRD Bantu Kazakhstan Tambah Kapasitas Energi Terbarukan

Foto : Istimewa

Ilustrasi

A   A   A   Pengaturan Font

Bank Eropa untuk Rekonstruksi dan Pembangunan (EBRD) membantu Kazakhstan untuk mencapai target netralitas karbon negara itu pada tahun 2060 mendatang. Adapun bantuan yang diberikan yakni menyediakan pembiayaan untuk pembangunan dan pengoperasian pembangkit listrik tenaga angin baru berkapasitas 100 MW di wilayah Zhambyl, Kazakhstan.

EBRD memberikan pinjaman hingga 39 juta dolar AS atau setara 35,9 juta Euro yang diberikan kepada perusahaan patungan antara klien jangka panjang Bank, yakni China Power International Holding dan Visor International, sebuah perusahaan investasi yang didirikan oleh sekelompok bankir investasi Kazakhstan. Mitra usaha patungan ini adalah klien jangka panjang EBRD.

Pinjaman tersebut akan digunakan untuk mendukung pembangkit listrik tenaga angin Shokpar di wilayah Zahmbyl, Kazakhstan yang berkapasitas 100 MW ke jaringan transmisi.

Proyek angin pertama Bank Dunia yang diimplementasikan di bawah skema lelang energi terbarukan Kazakhstan dan proyek terbaru di bawah Program Kerangka Kerja Energi Terbarukan Kazakhstan Tahap II dari EBRD akan dibiayai bersama oleh Asian Infrastructure Investment Bank. Selain itu, Green Climate Fund dan Clean Technology Fund akan memberikan total 15,7 juta dolar AS dalam bentuk pembiayaan lunak.

Menurut situs web proyek, pembangkit listrik tenaga angin tersebut saat ini sedang dalam tahap pembangunan dan diharapkan akan beroperasi pada kuartal pertama tahun 2024.
Halaman Selanjutnya....


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Rivaldi Dani Rahmadi

Komentar

Komentar
()

Top