Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Duo Perusahaan Prancis-Maroko Segera Garap Hidrogen Hijau 8 GW

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Falcon Capital Dakhla yang berbasis di Maroko telah bergabung dengan promotor energi hidrogen Prancis, Hydrogene de France SA (EPA: HDF), untuk bersama-sama mengembangkan proyek produksi hidrogen ramah lingkungan berkapasitas 8 GW di negara Afrika Utara yang didukung oleh kapasitas energi terbarukan sebesar 17 GW.

Investasi awal dalam proposal besar ini diperkirakan mencapai sekitar 2 miliar dolar AS atau setara 1,84 miliar Euro. Adapun beberapa hidrogen hijau termurah di dunia akan diproduksi, menurut HDF Energy..

Dijuluki White Dunes, proyek ini dipimpin oleh Falcon Capital, yang menargetkan untuk memulai produksi pada tahun 2028. Rencana besar-besarannya membayangkan instalasi elektroliser di wilayah Dakhla di Maroko selatan, yang akan didukung oleh 10 GW tenaga angin dan 7 GW tenaga fotovoltaik surya (PV). Kompleks ini akan membentang seluas 150 ribu hektar.

"Kolaborasi dengan Falcon Capital Dakhla merupakan sinergi yang sempurna antara dua entitas yang saling melengkapi, yang memungkinkan produksi hidrogen hijau paling kompetitif di dunia di Maroko," kata Damien Havard, CEO HDF Energy, dikutip dari Renewables Now, Senin (20/11).

Hampir dua tahun telah dikhususkan untuk melakukan studi kelayakan, desain awal proyek, dan perencanaan bertahap untuk proyek tersebut, menurut pernyataan tersebut.
Halaman Selanjutnya....


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Rivaldi Dani Rahmadi

Komentar

Komentar
()

Top