Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Calon Pejabat Publik Harusnya Transparan

Foto : ISTIMEWA

Kepala Staff Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Ketua DPP Gerakan Indonesia Anti Korupsi (GIAK) Jerry Massie mengatakan, sikap transparan dan independensi perlu dikedepankan dalam pemilihan Panglima TNI ketika Marsekal Hadi Tjahjanto memasuki pensiun dari Panglima TNI pada November 2021 l mendatang. Namun yang paling penting dalam pemilihan Panglima TNI nanti semua berjalan dengan efektif.

"Saya yakin Jenderal Andika figur yang profesional dalam bidangnya dan orangnya transparan," ujar Jerry Massie menanggapi harta fantastis yang dimiliki Jenderal Andika Perkasa, Rabu (18/8).

Baca Juga :
Orientasi Jabatan

Menurut Jerry, harusnya untuk menjabat Panglima TNI maka LHKPN harus transparan dan aset-aset yang lain keberadaanya juga harus jelas darimana dapatnya. Bila perlu sampai pajak ditelusuri, apakah menunggak pajak atau tidak.

Tapi, sambung Jerry, untuk menghindari dan mencegah hal yang tak diinginkan maka hibah tanpa akta sebagian besar asetnya perlu dilengkapi surat kepemilikan yg jelas, termasuk asal usul hibah. Hal tersebut dilakukan agar tak ada isu miring dari publik.

Jerry juga meminta agar Komisi 1 DPR, KPK dan Masyarakat Sipil (Seperti ICW dan MAKI) turut mengkritisi harta Andika yang 80 persen berasal dari hibah tanpa akta. Karena itu perlu didukung agar DPR melakukan tugasnya dengan baik. Apalagi DPR memiliki kekuatan sehingga perlu meminta klarifikasi soal hibah tersebut agar semua terang-benderang tak ada kecurigaan.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Aloysius Widiyatmaka
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top