Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

BPJS Kesehatan Perbarui Nomor Care Center

Foto : ISTIMEWA

BPJS kesehatan

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Nomor baru layanan care center Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan resmi diluncurkan. Masyarakat bisa menghubungi nomor 165 untuk mengakses pelayanan yang dibutuhkan. Demikian disampaikan Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti, dalam Grand Launching Nomor Layanan Care Center 165, di Jakarta, Senin (13/9).

"Kami berinisiatif melakukan perubahan terhadap semua akses termasuk di dalamnya perubahan nomor care center BPJS Kesehatan dari 1500400 menjadi 165," ujarnya. Dia mengatakan, perubahan ini untuk memberi kemudahan peserta dalam mengakses layanan care center BPJS Kesehatan.

Ghufron mengatakan, perubahan merupakan bentuk dukungan terhadap Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 14 Tahun 2018 tentang Rencana dasar Teknis Telekomunikasi Nasional. Perubahan ini akan terus disosialisasikan. Di sisi lain, masyarakat masih bisa mengakses nomor care center 1500400 sampai masa transisi berakhir pada Desember 2021. "Kita ingin simplikasi," jelasnya.

Inovasi Pelayanan

Lebih jauh Ali memastikan, komitmen BPJS Kesehatan dalam berinovasi memberikan pelayanan terbaik bagi peserta sesuai dengan tugas dan kapabilitas. Teknologi informasi akan dioptimalkan untuk memperkuat peningkatan kualitas pelayanan.

Dia mengatakan, peningkatan kualitas pelayanan ini untuk lebih menghadirkan BPJS Kesehatan di masyarakat. Di sisi lain, BPJS Kesehatan melalui program JKN-KIS juga harus eksis di kancah global.

"Inovasi dan teknologi informasi untuk meningkatkan pelayanan kepada peserta menjadi fokus kita dari tahun ke tahun," tandasnya.

Ketua Dewan Pengawas BPJS Kesehatan, Achmad Yurianto, menekankan kehadiran care center yang baru bisa menjadi bagian dalam pembangunan kesehatan yang inklusif. Menurutnya, BPJS Kesehatan harus terbuka terhadap semua permasalahan yang dihadapi pelanggan JKN-KIS.

"Kita berada pada sisi pelanggan JKN. Kita bukan eksklusif, tapi inklusif bersama mereka membangun sistem ini sebaik-baiknya. Tentunya orientasinya pada kepuasan pelanggan," katanya.

Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan, David Bangun, menyebut ada berbagai fitur dalam care center BPJS Kesehatan. Salah satunya peserta JKN-KIS bisa melakukan konsultasi kesehatan dengan dokter umum melalui pelayanan Tanya Dokter.

"Diharapkan ini membuat masyarakat lebih mudah mengingat nomor tersebut jika sewaktu-waktu memerlukan informasi atau akan melakukan pengaduan terkait layanan JKN-KIS," ucapnya.


Redaktur : Aloysius Widiyatmaka
Penulis : Muhamad Ma'rup

Komentar

Komentar
()

Top