Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis

AS Dukung Manila pada Kasus Tabrakan Kapal Filipina-Tiongkok di LTS

Foto : ANTARA/Central Intelligence Agency via Wikipedia

Sembilan Garis Putus-putus (berwarna hijau) yang menandakan klaim Republik Rakyat Tiongkok di Laut Tiongkok Selatan, berdasarkan peta yang dibuat CIA pada 1988.

A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) mendukung Filipina dalam kasus tabrakan kapal negara sekutunya di Asia Tenggara itudengan kapal Penjaga Pantai Tiongkok saat mengirim pasokan barang kebutuhan militernyadiperairan Laut Tiongkok Selatan (LTS) Minggu lalu.

"Amerika Serikat mendukung sekutunya, Filipina, dan mengutuk tindakan Tiongkok yang semakin meningkat dan tidak bertanggung jawab yang menolak Filipina mengirimkan pasokan kemanusiaan secara sah kepada anggota militer yang ditempatkan di BRP Sierra Madre pada16 Juni," kata Departemen Luar NegeriAS dalam sebuah pernyataan pada Senin (17/6).

Seperti dikutip dari Antara, Tiongkok menuduh Filipina menyebabkan tabrakan kapal di Laut Tiongkok Selatan, sedangkan Manila menyebut tuduhan Beijing bahwa kapalnya telah memprovokasi tabrakan sebagai menyesatkan.

Insiden yang meningkat ini adalah kasus terbaru dari serangkaian provokasi Tiongkok untuk menghalangi pasokan yang sangat dibutuhkan para serdadu Filipina yang ditempatkan di BRP Sierra Madre.

Pada akhir Mei, Filipina membuka pos penjaga pantai di Pulau Itbayat dekat Taiwan untuk meningkatkan keamanan di tengah meningkatnya kehadiran Tiongkok di Laut Tiongkok Selatan, kata Penasihat Keamanan Nasional Filipina, Eduardo Ano.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top